Selamat Datang di Website resmi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pati. Silakan tinggalkan kritik dan sarannya di buku tamu. Terima kasih! Nuun, walqolami wamaa yasthurun....

Rabu, 07 Desember 2011

Salah Satu Contoh Program Kerja IPM

PROGRAM KERJA
1.    Bidang Kepemimpinan.
Bidang ini diarahkan pada terciptanya kepemimpinan yang kuat (strong leadership) dan progresif menuju corak Gerakan Pelajar Kritis Progresif Transformatif. Hal tersebut meliputi pengelolaan, manajemen dan penataan mekanisme kepemimpinan di tingkat Pimpinan Wilayah.
a.    Mengawal visi dan orientasi gerakan.
b.    Membangun komunikasi antar pimpinan.
c.    Optimalisasi kinerja dan partisipasi pimpinan.
d.    Melakukan koordinasi dan kontrol terkait tugas, fungsi dan kinerja pimpinan.
e.    Pengembangan komunikasi eksternal.

2.    Bidang Administrasi dan Kesekretariatan.
Bidang ini diarahkan kepada terciptanya administrasi organisasi yang tertib, rapi, dan memudahkan proses organisasi. Selain itu,  perubahan nama dari IRM menjadi IPM akan menyebabkan perubahan sistem administrasi kesekretariatan. Program bidang ini adalah:
a.    Sosialisasi sistem administrasi IPM.
b.    Optimalisasi pelaksanaan sistem administrasi IPM.
c.    Optimalisasi pelaksanaan dan pemenuhan kebutuhan administrasi organisasi.
3.    Bidang Keuangan.
Bidang keuangan diarahkan pada optimalisasi penggalian, pengelolaan dan pemanfaatan dana organisasi, serta menumbuhkan semangat kekaryaan dan kewirausahaan dalam rangka kemandirian ikatan. Program bidang ini adalah:
a.    Pengembangan inovasi teknis penggalian dana dari berbagai sumber yang halal dan tidak mengikat, serta memperhatikan posisi IPM dengan pihak tersebut.
b.    Optimalisasi penggalian, pengelolaan, dan pemanfaatan dana organisasi.
c.    Menetapkan kebijakan besarnya Iuran Anggota (IA) dan Uang Pangkal (UP) dan mensosialisasikan kepada pimpinan di bawahnya.
d.    Pengembangan konsep administrasi keuangan dalam upaya mengoptimalkan pengelolaan dana rutin yang menopang pelaksanaan program.
e.    Pengembangan spirit kekaryaan dan kewirausahaan dengan inovasi lembaga/unit usaha sebagai penopang dana organisasi.
4.    Bidang Organisasi.
Bidang ini diarahkan pada penguatan organisasi (struktur, suprastruktur, dan infrastruktur) guna mewujudkan Gerakan Pelajar Kritis Progresif Transformatif. Program bidang ini adalah:
a.    Pemutakhiran data dan potensi organisasi.
b.    Pengelolaan Pimpinan Daerah sebagai upaya penguatan basis gerakan.
c.    Pelatihan Administrasi dan Organisasi.
d.    Pembuatan milis dan website PW IPM Jateng.
e.    Pembuatan buku panduan ranting IPM.
5.    Bidang Perkaderan.
Bidang ini diarahkan pada penguatan karakter kader ikatan dalam rangka menumbuhkembangkan semangat yang terorganisir serta jiwa militansi pada setiap kader. Selain itu, peningkatan skill, kapasitas dan kapabilitas kader juga perlu ditingkatkan dalam upaya mencerdaskan bangsa untuk Indonesia yang berkemajuan. Program bidang ini adalah:
a.    Pembuatan pedoman perkaderan IPM versi Jawa Tengah.
b.    Kajian Sistem Perkaderan IPM.
c.    Pelatihan Fasilitator dan Pendampingan.
d.    Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III.
6.    Bidang Studi Dakwah Islam.
Bidang ini diarahkan pada penanaman nilai-nilai ajaran Islam secara kritis, sehingga dapat membangun identitas pelajar muslim yang memiliki spiritualitas bagus dan mengedepankan nilai-nilai moral. Program bidang ini adalah:
a.    Pembuatan buku panduan dakwah pelajar.
b.    Peer Education For Moslem Student (PEFMOS).
c.    Kajian Islam Intensif (KII).
d.    Dakwah media elektronik.
e.    Da’i Hijrah Ramadhan
f.    Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)

7.    Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan.
Bidang ini diarahkan pada terciptanya tradisi berpikir kritis, penguasaan ilmu pengetahuan teknologi di kalangan pelajar melalui pembudayaan tradisi membaca dan menulis sebagai wujud penajaman gerakan Iqra. Program bidang ini adalah:
a.    Workshop Bidang PIP.
b.    Science Motivation Training (SMT)
c.    Summer Camp.
d.    Penulisan essay wajib bagi personil PW IPM Jawa Tengah.
8.    Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga.
Bidang ini diarahkan pada massifikasi gerakan kritis melalui proses stimulasi kesadaran kritis pelajar dalam menanggapi hegemoni budaya kapitalis-industri yang berkembang sebagai dampak negatif dari globalisasi. Selain itu juga diarahkan untuk pengembangan minat dan bakat serta apresiasi seni dikalangan pelajar demi terbentuknya pelajar yang kritis dan kreatif. Program bidang ini adalah:
a.    Identifikasi potensi seni budaya IPM di daerah-daerah.
b.    Penerbitan Jurnal Orang Sastra Ikatan Pelajar Muhammadiyah (JOS IPM).
c.    Pekan Olahraga Seni Pelajar Muhammadiyah Jawa Tengah.
9.    Bidang Advokasi.
Bidang ini diarahkan pada penyadaran, pendampingan, dan pembelaan terhadap hak-hak pelajar. Pengembagan budaya kritis dikalangan pelajar merupakan embrio gerakan untuk memposisikan diri sebagai pelopor perubahan dengan mengedepankan program-program. Program bidang ini adalah:
a.    Intensifikasi kajian isu-isu sosial, politik, pendidikan dan kebijakan-kebijakan publik yang tidak berpihak pada pelajar.
b.    Pelatihan Advokasi Dini (PADI)
c.    Pelatihan Community Organizer.
10.    Bidang Ipmawati.
Bidang ini diarahkan pada optimalisasi peran kader putri IPM dalam beraktualisasi dengan mengembangkan isu-isu tentang keperempuanan, serta sebagai upaya untuk melakukan pemberdayaan perempuan. Program bidang ini adalah:
a.    Workshop bidang Ipmawati.
b.    Pendidikan Khusus Ipmawati (Diksusti)
c.    Pengkajian dan pengembangan isu-isu tentang keperempuanan.
d.    Meningkatkan kepedulian dan respon terhadap permasalahan pelajar putri, serta permasalahan perempuan pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar